Posted by : KiayBlogger Wednesday, December 30, 2015

Untuk kali ini kita akan belajar membuat soal ujian dengan adobe flash,
hanya dengan 7 langkah mudah dengan adobe flash cs3
soal yang kita buat dalam bentuk pilihan ganda bisa sekaligus koreksi dan mengetahui hasilnya.
buat yang baru belajar flas, tutorial ini cocok untuk menambah wawasan dan latihan.
baik kita langsung mulai membuat ia.
ini contoh dari hasil yang akan kita buat dalam tutorial ini.


langkah pertama kita akan siapkan dulu soal-soal nya, bisa dalam bentuk word, pdf juga boleh, buat yang malas ngetik soal tidak usah kuatir, karena soal bisa kita download di internet. 
kemudian soal yang sudah kita siapkan kita rubah menjadi gambar, bisa kita gunakan aplikasi convert atau bisa dengan manual, yaitu dengan print screen dan kita menggunakan fotoshop untuk merubahnya menjadi file gambar.

langkah kedua kita buka adobe flas kali ini penulis menggunkan adobe flash cs3. 
kita buat dokumen baru, dengan ukuran dokumen demensi 600 px x 600px, 

kemudian kita masukan soal yang sudah kita siapkan dengan melakukan file>import>import to library. maka gambar yang kita masukan akan tampil di library / sebelah kanan bawah layar adobe flash. 

Langkah ketiga 
kita akan masukan gambar soal kita kedalam layer, dengan cara klik and drag ke dalam layer, kemudian kita akan rubah menjadi movi clip, supaya soal gambar bisa muncul bergantian ketika dijalankan dengan mengklik kanan gambar pilih covert to symbol

name teksSoal, type movie clip, kemudian ok.
kemudian untuk menampilkan soal perhalaman kita klik dua kali pada symbol. maka akan muncul jendela dari scene 1 pada frame dua kita klik kanan kita pilih insert blank keyframe kemudian kita masukan gambar soal berikutnya. lakukan hal yang sama pada frame berikutnya untuk gambar soal yang lain tergantung berapa banyak halaman.

kemudian klik kanan pada frame satu pilih Action, kita ketikan scrip stop ().

langkah keempat
kita akan menyiapkan lembar kerja atau tempat memili jawaban, untuk itu yang perlu kita siapkan adalah tombol jawaban dan silang. 
kita buat lingkaran kecil kemudian kita convert to symbol kita pilih movie clip, kemudian kita beri name tomboljawban, setelah itu kita klik dua kali kita masuk lagi ke jendela scene 1, untuk membuat tombol berbeda pada saat di pilih atau tidak dipilih. 
pada frame satu kita biarkan tanpa warna dan di frame dua kita kasih warna biru, agar ketika di pilih maka tombol akan berwarna biru. 
pada frame satu kita klik kanan kita pilih action kemudian kita ketikan scrip stop () . langkah dalam membuat tombol sama dengan langkah membuat teksSoal.
untuk simbol silang kita buat dengan pen tool kemudian kita convert to simbol dengan tipe movie clip.


Langkah kelima
kita akan membuat button / tombol tombol 
buat kotak dan text soal berikutnya, soal sebelumnya, reset dan koreksi, ke empat tombol ini langkah pembuatannya sama hanya nama button / tombolnya saja yang berbeda-beda, saya akan meberikan contoh salah satu tombol soal sebelumnya. 
kita buat kotak dan text, kemudian kita blog dan kita convert to simbol, kita pilih button dengan name backBtn.
laukan hal yang sama pada semua tombol, dengan nama nextBtn, koreksiBtn dan resetBtn.
jika nama kita rubah maka nanti pada scrip juga harus menyesuaikan.

Langkah keenam 
kita letakan simbol-simbol yang sudah kita buat dengan menyesuaikan tampilan, kita buat selayaknya lembar jawaban, tombol kembali dan lanjut serta tombol koreksi dan reset seta hasil penilaian pada layer, cukup hanya dengan satu layer kita bisa membuat ujian/ kuis / ulangan dalam bentuk animsi falsh.

Langkah ketujuh
dalam hal ini adalah penulisan skrip or sintak program
kita klik kanan frame satu pada layer 1 kemudian pilih action.
untuk ada yang masih pemula tidak usah kuatir cukup kamu copy paste skrip dibawah ini dan lengkap dengan keterangannya, sehingga kamu mudah untuk memodifikasinya.

stop()

//untuk mengetahui jumlah jawaban benar
benar=0
//untuk mengetahui jumlah jawaban salah
salah=0
//untuk menghitung skor akhir
nilai=0

//jumlah semua soal yang ada
jumlahSoal=10

//array untuk menampung kunci jawaban sebenarnya
jawabanSebenarnya =["-","C","D","A","C","D","A","C","D","A","C","D","A","C","D","A"]
//array untuk menampung jawaban yang dipilih pemain
jawabanPemain=["-","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab"]


//setiap tombolJawaban yang ditekan pada sebuah baris,
//buat ketiga tombolJawaban lainya menjadi berwarna putih (frame 1 pada movie clip tombolJawaban)
//sedangkan yang ditekan diubah menjadi warna biru (frame 2 pada movie clip tombolJawaban) dan tampung jawaban yang dipilih
for(i=1;i<=jumlahSoal;i++){
_root["silang"+i]._alpha=0
_root["tombol"+i+"a"].id=i
_root["tombol"+i+"b"].id=i
_root["tombol"+i+"c"].id=i
_root["tombol"+i+"d"].id=i
_root["tombol"+i+"a"].onRelease=function(){
jawabanPemain[this.id]="A"
this.gotoAndStop(2)
_root["tombol"+this.id+"b"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+this.id+"c"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+this.id+"d"].gotoAndStop(1)
}
_root["tombol"+i+"b"].onRelease=function(){
jawabanPemain[this.id]="B"
this.gotoAndStop(2)
_root["tombol"+this.id+"a"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+this.id+"c"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+this.id+"d"].gotoAndStop(1)
}
_root["tombol"+i+"c"].onRelease=function(){
jawabanPemain[this.id]="C"
this.gotoAndStop(2)
_root["tombol"+this.id+"a"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+this.id+"b"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+this.id+"d"].gotoAndStop(1)
}
_root["tombol"+i+"d"].onRelease=function(){
jawabanPemain[this.id]="D"
this.gotoAndStop(2)
_root["tombol"+this.id+"a"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+this.id+"b"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+this.id+"c"].gotoAndStop(1)
}
}

//jika tombol koreksi ditekan
koreksiBtn.onRelease=function(){
for(i=1;i<=jumlahSoal;i++){
//cocokan jawaban pemain dengan kunci jawaban sebenarnya,
//jika sesuai maka nilai benar ditambah 1
//jika tidak sama maka nilai salah ditambah 1
if(jawabanPemain[i]==jawabanSebenarnya[i]){
benar++
}else{
salah++
_root["silang"+i]._alpha=100
}
//buat seluruh tombol jawaban menjadi tidak bisa ditekan
_root["tombol"+i+"a"].enabled=false
_root["tombol"+i+"b"].enabled=false
_root["tombol"+i+"c"].enabled=false
_root["tombol"+i+"d"].enabled=false
}
//jika seluruh jawaban sudah dicek
if(benar+salah==jumlahSoal){
//maka tentukan nilai akhir
//disini kami menghitung nilai akhirnya sbb : jumlah benar dikali 2 kemudian hasilnya dibagi 3 setelah itu nilainya dibulatkan
//misal jika benar semua maka 15*2/3 maka nilai akhirnya 10
//contoh lain jika hanya menjawab benar 8 maka pernghitunganya 8*2/3 = 5.3333 dibulatkan menjadi 5
nilai= Math.round(benar*10)
}
//buat tombol koreksi menjadi tidak bisa ditekan
this.enabled=false
//buat tombol koreksi menjadi lebih transparan
this._alpha=50
}

//jika tombol reset ditekan
resetBtn.onRelease=function(){
for(i=1;i<=jumlahSoal;i++){
//buat seluruh tombol jawaban menjadi berwarna putih (frame 1 pada movie clip tombolJawaban)
_root["tombol"+i+"a"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+i+"b"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+i+"c"].gotoAndStop(1)
_root["tombol"+i+"d"].gotoAndStop(1)
//buat seluruh tombol jawaban bisa ditekan lagi
_root["tombol"+i+"a"].enabled=true
_root["tombol"+i+"b"].enabled=true
_root["tombol"+i+"c"].enabled=true
_root["tombol"+i+"d"].enabled=true
_root["silang"+i]._alpha=0
//kosongkan nilai dari variable benar, salah, dan nilai
benar=0
salah=0
nilai=0
//hapus seluruh jawaban pemain
jawabanPemain=["-","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab","belum dijawab"]
//buat tombol koreksi dapat ditekan
koreksiBtn.enabled=true
//buat tombol koreksi menjadi tidak transparan
koreksiBtn._alpha=100
}
}

//jika tombol nextBtn ditekan
nextBtn.onRelease=function(){
//mainkan frame selanjutnya yang terdapat di movie clip teksSoal
teksSoal.nextFrame()
}

backBtn.onRelease=function(){
//mainkan frame sebelumnya yang terdapat di movie clip teksSoal
teksSoal.prevFrame()
}


demikian tutorial pembuatan kuis / ujian / ulangan dengan menggunakan adobe flash cs3, mudah-mudahan bisa bermanfaat.
untuk source kodenya bisa di download di sini.

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © garw desain - Kiay Joni - Powered by Blogger - -