Posted by : KiayBlogger Saturday, June 13, 2015


Seorang desainer grafis dituntut selalu kreatif, tak peduli bagaimana kondisi atau mungkin perasaannya saat itu. Mereka selalu berhadapan dengan dunia kreatif yang setiap harinya selalu mengalami perubahan. buat kamu yang berprofesi sebagai seorang desainer grafis, sangat perlu untuk, meningkatkan kemampuan yang kamu miliki.
berikut tips-tips yang harus dilakukan seorang desainer grafis untuk memperkuat kreativitas dan menjadi desainer grafis terbaik.
Menjadi Kolektor
Jika kamu yang ingin meningkatkan kemampuan sebagai desainer grafis, pekalah terhadap sekitar. Jika di jalan kamu melihat sebuah desain yang menginspirasi kamu bawalah pulang. Kumpulkan brosur atau poster yang kamu miliki ke dalam file. Jadi, ketika kamu mengalami kebuntuan, kamu bisa membuka file untuk mencari inspirasi.
Beli Buku
ini menjadi salah satu hal terpenting. Memang benar adanya jika buku adalah jendela dunia. Tak hanya mengoleksi brosur atau poster, kamu juga harus mengoleksi buku mengenai desain. Biasakanlah dalam satu bulan, kamu membaca satu buku yang berkaitan dengan desain. Semakin menambah referensi kamu.
Baca Blog
Zaman sekarang tidak hanya buku yang dapat menambah wawasan kita, web atau blog orang yang tidak kita kenal pun bisa menjadi sumber informasi yang baik. Jangan malu untuk belajar dari orang. Bacalah blog mereka yang berkaitan dengan desain dan keruk semua informasi yang ada.
Buatlah Blog Desain Sesudah membaca blog orang? Sekarang waktunya untuk kamu membuat blog desain sendiri. Selain membuat kamu lebih analitis dalam pekerjaan, di sanalah tempat orang lain melihat portfoliomu. Bisa saja bukan, sebuah perusahaan tertarik dengan hasil karyamu?
Bergabung dengan Komunitas Desain Jika kamu desainer grafis freelance, sudah harga mutlak untuk bergabung dengan komunitas desain. Kamu akan selalu up to date dalam dunia desain, bagus untuk umpan balik dan kritik, serta tidak menutup kemungkinan bukan jika kamu mendapatkan informasi kerjaan.
Ambil foto
Tak harus dengan kamera bagus, kamu juga bisa menggunakan kamera handphone untuk sekadar memotret objek yang menginspirasi kamu. Seperti bangunan, tekstur, atau bahkan bayangan. Sangat menambah referensi kamu.
Buatlah Proyek Palsu Untuk menambah portfolio kamu
buatlah proyek palsu seperti menciptakan merek palsu untuk sebuah perusahaan. Membuat desain logo, brosur, ataupun website tentu akan membuat kreativitas kamu bekerja tanpa keterbatasan.
Re-design Karya Orang Lain
Tidak ingin menciptakan merek palsu untuk desain? Cobalah mendesain ulang proyek orang lain. Dengan hal ini, kamu bisa mengevaluasi kesalahan mereka dan apa yang bisa kamu lakukan agar terlihat lebih baik.
Re-design Karya Lama Kamu
Seburuk-buruknya karya yang kamu buat, jangan pernah dihapus. Karena suatu saat, bisa jadi kamu akan membuat ulang desain lama yang kamu anggap buruk. Dari sana kamu akan belajar dan menyadari betapa minimnya ilmu atau banyaknya kesalahan desain-desain lama kamu. Tak perlu malu memiliki karya yang kamu anggap buruk, karena dari sanalah kamu akan belajar dan jika kamu bisa me-redesign lebih baik, berarti kemampuan kamu terbukti bertambah.
Ikuti seminar
Selain belajar dari buku atau blog orang lain, sangat disarankan bagi kamu untuk sesekali ikuti seminar mengenai desain. Kamu pasti akan belajar satu atau dua pelajaran baru dari seminar itu.
Bersosialisasi dengan Desainer Grafis Lainnya Tidak cukup dengan mengikuti komunitas desain, dengan menghadiri seminar seperti yang dikatakan sebelumnya, relasimu pasti akan bertambah. Kamu pasti akan bertemu dengan desainer grafis lainnya. Cobalah saling berkenalan dan bertukar social media yang kalian miliki. Dengan memiliki jaringan yang luas, tentu akan meningkatkan keterampilan yang kamu miliki.
Ambillah Kelas Desain Banyak perguruan tinggi setempat memungkinkan kamu untuk mengikuti kelas tanpa belajar penuh waktu atau bahkan dengan waktu yang lama.
Wawancara Desainer Grafis Lainnya Setelah mendapatkan kontak desainer grafis lain, wawancara mereka secara tidak langsung. Ajak ngobrol orang yang kamu temui. Kamu pasti akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan.
Lakukan Perjalanan Jika kamu memiliki dana dan waktu, lakukanlah perjalanan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Kamu akan menemukan hal baru dan belajar banyak dari perjalananmu. Kamu akan melihat budaya baru dan karya seni yang baru. Hal itu akan membuka pikiranmu tentang dunia luar.
Belajar Hal Baru Menjadi desainer grafis yang baik memang tidak mudah. Banyak usaha yang harus dilakukan dan jangan berhenti belajar! Dengan terus belajar dan mempelajari hal baru, tanpa kamu sadari kemampuanmu akan terus meningkat.
Ambillah Buku Sketsa Buku sketsa akan membantu kamu bekerja melalui ide-ide dengan cepat dan tanpa keterbatasan software desain. Dan tentunya, dengan buku sketsa kamu dapat menggambarkan ide di mana pun kamu berada.

Bagaimana? Tidak begitu sulit bukan untuk menambah kemampuanmu sebagai desainer grafis? Jika kamu menjadikan grapic designer sebagai profesimu, kamu pasti akan terus melakukan hal yang baik. Selamat berjuang

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © garw desain - Kiay Joni - Powered by Blogger - -