Posted by : KiayBlogger Wednesday, April 29, 2015


Baik Shobat Desain or calon desain grafis ... salam kenal 
baik saat ini graw desain akan memberi masukan buat kamu calon desain grafis yang masih bingung or ragu masuk ke dunia desain. untuk langkah awal graw desain akan membagi posting pelunag kerja di dunia desain grafis sopasti bisa menambah motifasi buat kamu yang mau or sedang terjun di dunia desain grafis " semangat desain :)".
ok langsung saja nih ada beberapa perusahaan yang bakal nampung kamu shobat desain ini belum semua, hanya salah satunya saja ...

  1. Perusahaan Periklanan / Advertising Agency Sering lihat iklan-iklan di TV dan media cetak? Nah, desainer grafis adalah salah satu dari tim pembuat iklan-iklan tersebut bekerjasama dengan creative director, art director, copywriter, fotografer dan illustrator. Di sini, desainer grafis melakukan hal-hal seperti merancang strategi komunikasi sebuah merek, fotografi, tipografi, ilustrasi, serta me-layout iklan di berbagai media seperti majalah, surat kabar, billboard, website, TV.

  1. Branding Agency / Branding Consultant Baik perusahaan, barang, event maupun produk pasti memiliki logonya sendiri. Mendesain logo profesional tidak bisa sembarangan, harus oleh orang yang memiliki kemampuan khusus di bidang ini, siapa lagi kalau bukan desainer grafis. Seorang desainer grafis dalam branding melakukan hal-hal seperti merancang strategi identitas dan komunikasi serta visual brand, merancang logo dan identitas lainnya, membuat buku pedoman identitas, menerapkan logo dan identitas visual lainnya ke dalam berbagai media mulai dari kartu nama, kop surat, website, sampai ke desain produk dan kemasan (packaging), seragam karyawan, interior, arsitektur, bahkan kendaraan.

  1. Graphic Design Agency / Graphic House Sebenarnya aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis di Graphic Design Agency hampir sama dengan branding agency, bedanya ruang lingkup Graphic Design Agency tidak seluas branding agency. Masing-masing agency memiliki fokus keahlian, misalnya di bidang desain kemasan / packaging, desain komunikasi perusahaan, desain publikasi, desain promosi, desain multimedia, desain web dan lainnya.

  1. Perusahaan Penerbitan / Publication Company Cover-cover buku, majalah, tabloid dan lainnya yang sering kamu lihat di toko buku adalah hasil kerja dari seorang desainer grafis. Bekerjasama dengan penulis, copywriter, fotografer dan illustrator, desainer grafis merancang strategi komunikasi maupun visual berbagai media, me-layout cover dan isi, fotografi, tipografi, ilustrasi, infographic. Selain itu, tak menutup kemungkinan ia juga merancang materi promosi media tersebut seperti brosur, poster, iklan, banner, dan lain-lain.

  1. Percetakan & Digital Printing Di percetakan & digital printing, seorang desainer grafis bukan hanya melakukan aktivitas seperti mempersiapkan desain mentah dari klien menjadi siap cetak, sebab saat ini, antara jenis instansi dan area pekerjaannya semakin tidak jelas batasannya. Misalnya banyak percetakan yang menerima pekerjaan mendesain iklan atau sebaliknya, banyak advertising agency yang juga menerima pekerjaan logo.

  1. Web / Software Development Company Seorang desainer grafis dibutuhkan di perusahaan ini untuk merancang konsep, struktur, navigasi, dan penampilan situs web, blog, software, information kiosk, mesin ATM, dan lainnya. Contohnya desain halaman web, banner, button, animasi flash, dan lain-lain. Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan copywriter dan programmer.

  1. Perusahaan Film & Stasiun TV Kalau kamu tertarik pada bidang film & pertelevisian, kamu juga bisa bekerja di perusahaan ini. Stasiun tv dan film membutuhkan desainer grafis untuk merancang konsep visual, story board, title & credits, special effect, trailer, juga property, stage design (background dan panggung), sampai materi promosinya: poster film, iklan, spanduk dan lainnya. Desainer grafis tentu tidak bekerja sendirian; ia bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, kontraktor dan berbagai pihak lain.

  1. Game Development Company Kamu senang main game, ingin mencoba membuatnya tapi jurusan kamu bukan animasi? Kamu masih bisa menjadi bagian dari pembuatnya sebagai desainer grafis pada perusahaan pembuat game. Banyak aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang game, mulai dari pembuatan gamenya seperti merancang konsep, peraturan dan sistem game, karakter, setting lingkungan, hingga materi promosinya poster film, iklan, spanduk dan lainnya.

  1. Lembaga pendidikan Untuk kamu yang lebih tertarik pada bidang pendidikan, desainer grafis juga dapat meniti karier di lembaga-lembaga pendidikan, baik sebagai pengajar tetap maupun paruh waktu. Terutama di jurusan yang biasanya berkaitan dengan desain grafis, contohnya Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, dan Teknologi Informatika.

  1. Perusahaan manapun Faktanya, desainer grafis dapat bekerja di perusahaan manapun yang memerlukan jasanya, misalnya di Bank. biasanya membutuhkan desainer untuk merancang formulir-formulir, desain kartu ATM dan kartu kredit, surat-surat tagihan dan amplopnya, brosur, iklan, poster untuk produk, dan lain-lain.

  1. Freelance Ini alternatif pekerjaan yang paling enak dari segi waktu. Untuk yang tidak suka berdiam lama-lama di suatu tempat yang itu-itu saja, kamu bisa bekerja sebagai freelancer. Banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan proyek desain untuk para freelancer, sebab perusahaan tersebut tidak perlu meng-hire orang tetap untuk suatu proyek musiman. Keuntungannya lagi, kamu bisa mengambil lebih dari 1 proyek sekaligus tanpa terikat dengan agency mana pun.

  1. Perusahaan Sendiri Nggak mau jadi karyawan? Buatlah perusahaanmu sendiri! Hal ini bukan hal yang mustahil, dibuktikan dengan suksesnya Early Branding & Communication yang didirikan oleh Meiliana Sari Hermanto selepas lulus kuliah. Selain bisa jadi bos di perusahaan sendiri, kamu juga bisa membantu desainer grafis lain untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © garw desain - Kiay Joni - Powered by Blogger - -